Kamis, 06 Juli 2017

Cara Mengatasi SHAREit Tidak Bisa Mengirim File dan Menerima File

Cara Mengatasi SHAREit Tidak Bisa Mengirim File dan Menerima File - SHAREit merupakan aplikasi android yang populer digunakan untuk kepentingan mengirim file dan menerima file baik gambar, video, audio, dokumen, maupun file file apk (aplikasi). Aplikasi SHAREit menawarkan kecepatan transfer yang luar biasa dalam proses menerima file dan mengirim file sehingga aplikasi ini banyak diminati dan diklaim telah menggantikan posisi bluetooth untuk proses transfer file karena penggunaan SHAREit dirasa lebih efektif dan lebih cepat.

Namun, dibalik keunggulannya aplikasi SHAREit ini juga memiliki kelemahan yang disebut dengan bug, salah satunya adalah gagal saat mentransfer file. Selain itu juga terdapat permasalahan tidak bisa mengirim file dan menerima file dengan semestinya. Permasalahan ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti file tidak terdeteksi, SHAREit tidak terdeteksi, maupun tidak bisa membaca jaringan sehingga perangkat android lainnya tidak muncul di layar SHAREit.

SHAREit Tidak Bisa Mengirim File dan Menerima File di pc

Penyebab transfer file gagal atau transfer error pada shareit pada dasarnya disebabkan oleh sinyal WiFi perangkat yang menerima file maupun perangkat yang mengirim file. Umumnya salah satu perangkat memiliki jaringan wifi lemah atau mengalami gangguan sinyal sehingga masing masing perangkat tidak bisa mendeteksi dan membaca perangkat lainnya dengan semestinya.

Cara Mengatasi SHAREit Tidak Bisa Mengirim File dan Menerima File

Dalam penggunaanya tidak dapat dipungkiri bahwa sering terjadi permasalahan seperti SHAREit tidak bisa menerima file maupun SHAREit tidak bisa mengirim file baik dari device android ke android, android ke pc, maupun pc ke android. Sebenarnya cara mengatasi masalah tidak bisa mengirim file dan menerima file pada SHAREit sangatlah mudah karena permasalahannya bukan pada hardware masing masing device melainkan pada jaringannya.
SHAREit Tidak Bisa Mengirim File dan Menerima File

Untuk mengatasinya masalah SHAREit diatas kita dapat melakukan beberapa cara seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini. Untuk tutorial cara memperbaiki SHAREit yang rusak (tidak bisa mengirim file dan tidak bisa menerima file) maka simaklah artikel dibawah ini:

Force Stop & Clear Data SHAREit
Cara pertama adalah dengan cara menghentikan paksa aplikasi SHAREit lalu membersihkan datanya. Tentunya dalam proses mengirim file dan menerima file dalam sebuah jaringan, hal terpenting adalah perangkat penerima file dapat terdeteksi sehingga perangkat pengirim file dapat melakukan transfer file seperti semestinya. Namun jika perangkat penerima file tidak terdeteksi anda dapat melakukan beberapa langkah dibawah ini:

  1. Masuk ke setelan (setting) pada ponsel anda.
  2. Pilih aplikasi manager (installed apps) untuk melihat aplikasi yang sudah kita install.
  3. Cari aplikasi SHAREit.
  4. Setelah ketemu tap force stop pada layar ponsel dan pilih clear data.
  5. Selanjutnya buka dan jalankan SHAREit seperti biasanya.

Update SHAREit (pembaruan aplikasi)
Seperti yang kita ketahui, SHAREit adalah layanan berbasis aplikasi yang juga memiliki kelemahan dari segi sistem. Seperti contoh terdapat permasalahan ponsel A tidak bisa mengirim file ke ponsel B, maupun sebaliknya, ponsel B tidak bisa menerima file dari Ponsel A karena masing masing SHAREit tidak terbaca. Hal ini bisa disebabkan karena salah satu perangkan masih menggunakan SHAREit versi lama sehingga tidak support dengan versi baru.

Maka dari itu sangat dianjurkan untuk melakukan update SHAREit atau melakukan pembaruan aplikasi secara berkala sehingga jika terdapat bug atau kesalahan sistem pada aplikasi dapat diatasi dan diperbarui.

Kesalahan Koneksi Jaringan
Salah satu kesalahan pada proses kirim data dan terima data pada SHAREit adalah tidak memperhatikan penggunaan jaringan wifi. Padahal aplikasi ini memanfaatkan jaringan adhoc yang merupakan jaringan yang menggunaan layanan peer to peer.

Untuk mengatasi permasalahan kesalahan jaringan pada SHAREit, pastikan kedua ponsel tidak terhubung ke jaringan wifi maupun tidak melakukan tethering pada perangkat lainnya.

Install Ulang SHAREit
Alternatif lain jika tetap terjadi masalah SHAREit gagal terhubung ke perangkat lain baik android maupun pc kita dapat melakukan reinstall (menginstal ulang) aplikasi ini. Untuk melakukannya cukup unistal SHAREit seperti biasa lalu download dan instal ulang SHAREit melalui playstore.

Matikan dan Reboot Smartphone
Jika mengotak atik jaringan, dan pengaturan aplikasi SHAREit tidak juga berhasil, maka cara selanjutnya adalah melakukan rebooting smartphone dengan cara mematikannya lalu menghidupkannya lagi. Matikan smartphone anda seperti biasanya, lalu copot baterai dan sd card selama beberapa saat dan pasang kembali. Setelah itu hidupkan smartphone anda kembali dan jalankan aplikasi SHAREit seperti biasanya.

Gunakan Aplikasi Sejenis
Jika memang aplikasi SHAREit anda tidak bisa dugunakan untuk mengirim file dan menerima file lagi maka anda dapat menggunakan aplikasi transfer file sejenis seperti superbeam yang juga memberikan layanan transfer data (mengirim file dan menerima file) dengan kecepatan yang tidak kalah dengan SHAREit.

Itulah Kumpulan Cara Mengatasi SHAREit Tidak Bisa Mengirim File dan Menerima File yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini.


Cara Mengatasi SHAREit Tidak Bisa Mengirim File dan Menerima File Rating: 4.5 Diposkan Oleh: tech hoster

0 komentar:

Posting Komentar